Rabu, 26 Mei 2010

Pendahuluan Penulisan Ilmiah

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai berbagai jenis usaha atau kegiatan produksi baik yang menghasilkan barang atau jasa. Namun jenis-jenis usaha yang menghasilkan barang lebih sering kita lihat dan secara langsung dapat kita rasakan manfaatnya dibandingkan dengan hasil dari usaha yang bergerak dalam bidang jasa.
Ternyata tanpa kita sadari seringkali kita menemui produk yang berupa jasa. Seperti usaha furnitur, dengan berkembangnya gaya hidup, furnitur bukan lagi sebuah barang mewah melainkan sebuah kebutuhan rumah tangga, hal ini membuat banyaknya usaha furnitur bermunculan dengan kualitas yang berbeda-beda. Dengan adanya fenomena ini penulis ingin merumuskan dan mengevaluasi hasil dari investasi yang telah direalisasikan oleh Bpk.Mustaqin selaku pemilik UD. Sumber Jati Makmur yang bergerak dalam usaha furnitur. dan berdasarkan latar belakang dari masalah tersebut, penulis memberikan judul “EVALUASI KELAYAKAN INVESTASI PADA UD. SUMBER JATI MAKMUR”.

1.2. Rumusan dan Batasan Masalah
Dalam penulisan ini bermaksud dan ingin mengetahui beberapa hal tentang kegiatan usaha tersebut seperti mengetahui apakah investasi yang telah direalisasikan layak atau tidak layak untuk dilanjutkan atau diteruskan. Evaluasi ini dibatasi dengan aspek studi kelayakan bisnis, yaitu aspek keuangan. Untuk mengetahui evaluasi kelayakan dari investasi tersebut penulis menggunakan metode Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), Profitability Index (PI) dan Internal Rate of Return (IRR) dengan perkiraan periode investasi selama 5 tahun.

1.3. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi investasi yang telah direalisasikan oleh Bpk. Mustaqin terhadap usahanya UD. Sumber Jati Makmur dan untuk mengetahui apakah usaha ini dapat dikatakan layak atau tidak.

1.4. Manfaat Penelitian
Penulis mengharapkan permasalahan yang telah dirumuskan dapat memberikan manfaat baik dalam pendidikan maupun akademis sebagai contoh kasus yang menguraikan hasil investasi yang dilakukan, manfaat bagi pemilik usaha agar dapat dijadikan bahan evaluasi terhadap usahanya yang telah di investasikan dan sebagai alat untuk mempertimbangkan usaha dapat dikembangkan atau tidak. Bagi pembaca pada umumnya dapat bermanfaat sebagai contoh dari studi kasus yang menggunakan pokok bahasan studi kelayakan bisnis.

1.5. Metode Penelitian
Dalam proses penyusunan penulisan ilmiah ini penulis melakukan observasi ke tempat usaha UD. Sumber Jati Makmur yang telah direalisasikan oleh Bpk. Mustaqin selaku pemilik usaha tersebut.
1.5.1 Objek penelitian
Data di peroleh dari UD. Sumber Jati Makmur yang beralamat di Jl. Raya Sawangan No.23 Depok.

1.5.2 Data / Variabel
Untuk mendapatkan informasi yang akurat, maka penulis menggunakan data investasi, data pendapatan, data keuntungan dan tingkat suku bunga.

1.5.3 Metode Pengumpulan Data
Dalam penulisan ilmiah ini, penulis menggunakan cara pengumpulan data yaitu :
1. Studi Lapangan (Field Research)
Yaitu suatu pengumpulan data informasi primer langsung dari sumber penelitian, adapun cara yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a. Observasi, pengamatan secara langsung pada kegiatan dan proses manajemen yang ada hubungannya dengan permasalahan yang akan dibahas.
b. Wawancara, pengumpulan data dan informasi dengan cara berkomunikasi langsung dengan pihak-pihak yang berhubungan langsung maupun tidak dengan permasalahan yang dibahas.
2. Studi Pustaka (Library Research)
Yaitu suatu pengumpulan data dan informasi sekunder dengan cara menggunakan buku-buku literature dan tulisan-tulisan ilmiah lainnya yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas.

1.5.4 Alat Analisis
Dalam penulisan ilmiah ini, alat analisis yang digunakan adalah Capital Budgeting atau penganggaran modal dengan menggunakan beberapa metode analisis yaitu Payback Period, NPV, Profitability index dan IRR untuk mengetahui dengan tepat alternatif yang yang ada dan kebijakan yang akan dibuat dalam menentukan kemajuan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut